Widget HTML #1

5 Hal Ini Harus Dilakukan Bila Tak Mendapat Kabar Sesudah Wawancara

5 Hal Ini Harus Dilakukan Bila  Tak Mendapat Kabar Sesudah Wawancara

Bukajobs -  Wawancara kerja terkadang bisa jadi momok menakutkan bagi seorang jobseeker, sebab jawaban kamu akan menjadikan pertimbagan HRD untuk menentukan lolos atau tidak lolosnya kamu dalam wawancara kerja. Kesalahan dalam menjawab pertanyaan bisa menyebabkanmu tak lolos, sehingga tidak bisa dipanggil lagi untuk tahap yang selanjutnya.

Nah, jika kamu ada diposisi ini, jangan galau apalagi grogi. Cobalah pahami beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika kamu tak kunjung menerima kabar dari pewawancara.

1. Gampang Untuk Dihubungi

Fokus pertama yang harus kamu perhatikan adalah, pastikanlah kontak yang ditulis di CV mudah untuk dihubungi, Kamu tak perlu terobsesi menunggu pesan masuk atau telepon dari perusahaan, toh  masih banyak kegiatan yang perlu dilakukan. Meskipun demikian, harap pastikan agar kontak yang kamu berikan sangat mudah untuk dihubungi atau dipanggil, agar pewawancara juga mudah untuk memanggilmu apabila kamu dinyatakan lolos dan mengikuti proses seleksi berikutnya.

2. Berikan  Batasan Waktu Realistis

Yapp, kita semua tahu proses seleksi kandidat tak bisa dilakukan dalam waktu 1 atau 2 hari, terlebih bila banyak yang menjadi bahan pertimbangan dari sebuah perusahaan, banyak faktor yang diperhitungkan seperti banyaknya saingan kandidat. Kamu dapat mencoba mengirimkan pesan singkat ataupun bisa juga menghubungi perusahaan untuk mencari info mengenai statusmu sebagai kandidat. Meskipun seperti itu, kamu perlu menetapkan batasan kapan bisa memulai untuk bertanya, contohnya 2 minggu bahkan 1 bulan.

3. Budayakan Sikap Sopan

Bahkan jika kamu sesungguhnya sudah merasa kesal bukan main, karena alasan“digantung”, jangan pernah sekalipun membiarkan pihak perusahaan tahu perasaan kamu dalam berbagai jenis komunikasi. Inilah yang jarang sekali dikomentar-komentar social media ketika memposting suatu lowongan, misalkan “ah ini pt php, saya udah tahap interview tapi kok gak diproses-proses lagi, malah memposting lowongan lagi dengan posisi yang sama sama terus”.

Nah yang harus diketahui, perusahaan akan mencari kandidat terbaik diantara yang baik, bukan berarti jika kamu  tidak diproses lagi itu tidak baik, hanya saja kamu belum sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan pada saat itu. Karena berkomentar demikian di iklan mereka, sama saja kamu menjukan ketidak iklasan menerima kenyataan. Hal ini tentunya akan menjadi pertimbangan HRD ketika melihat komentar-komentarmu di social media, bukan hanya HRD yang pernah memproses kamu, namun bisa jadi HRD dari perusahaan lainnya juga dapat menilai attitude kamu dari apa yang kamu tulis dan apa yang kamu posting. Sehingga saran kami mulai dari sekarang, berhentilah melakukan hal demikian demi kebaikan bersama.

Solusinya, mulailah intropeksi apa yang kurang dari diri kamu, memperbaiki dari CV, mengkoreksi jawaban-jawaban yang kamu berikan ketika interview dan lain sebagainya.

4. Teruslah Belajar dari Setiap Pengalaman

Ada beberapa hal yang dapat kamu ambil hikmahnya dari semua ini. Contohnya, terkadang penolakan tak muncul dalam bentuk kata-kata, tetapi dari kurangnya respon yang diberikan. Selain itu pula, kini kamu lebih paham seluk-beluk dunia karir jika respon bukan sesuatu yang akan kamu peroleh usai sesi wawancara.

5. Jangan Benar-Benar Menunggu

Ya! Jika kamu sedang berada diposisi ini, kamu jangan benar-benar menunggu. Karna menunggu sesuatu yang tidak pasti itu rasanya sakit. Seperti luka tapi tidak berdarah 🙁

Lupakan hal tersebut, setelah wawancara selesai, kamu harus melamar lagi ke berbagai perusahaan-perusahaan lainnya, sampai kapan sih? Yapp.. Sampai kamu mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Bila Ternyata tiba-tiba dapat kabar dari perusahaan yang kamu pernah interview sebelumnya, kalau kamu ternyata dinyatakan diterima bekerja. Tentunya enak kan tinggal pilih-pilih mana perusahaan yang cocok untuk dengan hati kamu.

Nah demikian lah tips dari kami yang perlu kamu lakukan, ketika tidak mendapat respon setelah mengikuti proses wawancara kerja. Semoga info ini bisa bermanfaat.