Widget HTML #1

Tips Ampuh Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja

Saat kamu berkesempatan untuk mengikuti tes di Perusahaan, tentunya akan ada tahapan - tahapan yang harus kamu hadapi, salah satunya meliputi sesi wawancara kerja yang dilakukan oleh pihak HRD untuk mengetes sejauh mana kemampuan kamu berkomunikasi, skill yang kamu punya dan lain sebagainya.

Nah, pada kesempatan kali ini Bukajobs akan memberikan tips agar wawancara kamu dapat berjalan dengan baik sehingga kamu berpeluang besar untuk diterima dan bekerja di Perusahaan yang memang kamu idamkan.

Yuk simak tips berikut ini,

1. Silahkan perkenalkan diri Anda atau ceritakan tentang diri Anda.

Jawab : perkenalkan nama Anda, pendidikan terakhir, kemudian ceritakan tentang riwayat pekerjaan Anda dari pertama kali sampai dengan sekarang. Jawablah dengan singkat dan jelas. Kalau Anda belum pernah bekerja (fresh graduate) katakan bahwa Anda belum pernah bekerja dan Anda ingin segera bergabung dengan perusahaan karena Anda memiliki kemampuan ........
(kemampuan di bidang yang Anda lamar)





2. Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan lama Anda ?

Jawaban : Anda jangan menjawab karena bosnya dulu bermasalah, atau rekan kerja tidak becus atau ada masalah manajemen. Jika Anda menjawab demikian, maka Anda sendiri yang tampak jelek. Tetaplah tersenyum dan jawabalah Anda ingin mencari tantangan baru dan kesempatan karir yang lebih besar.

3. Pengalaman apa yang Anda miliki dalam bidang ini (bidang yang Anda lamar)?

Jawab : Anda ceritakan pengalaman kerja yang berhubungan dengan bidang yang Anda lamar. Jika belum punya pengalaman di bidang itu (belum pernah bekerja/fresh graduate), ceritakan terus terang. Yakinkan pihak HRD bahwa Anda punya kemampuan untuk bekerja dibidang tersebut.

4. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini ?

Jawab: Sebelum wawancara ada baiknya Anda caritahu informasi tentang profil perusahaan yang Anda lamar sehingga Anda mampu menjawab pertanyaan ini dengan baik. Pengetahuan Anda tentang perusahaan bisa menjadi nilai tambah Anda.

5. Apa pendapat rekan kerja Anda terhadap diri Anda ?

Jawab: Jawablah komentar-komentar rekan kerja Anda terhadap diri anda yang dapat menunjang karir anda di bidang yang Anda lamar

6. Mengapa Anda melamar di perusahaan ini ?

Jawab: jawablah tujuan Anda melamar di perusahaan ini. Misalkan Anda ingin meniti karir yang cemerlang dan sukses jangka panjang di perusahaan ini.

7. Berapa gaji yang Anda minta ?

Jawab: Sebaiknya sebelum Anda melamar di perusahaan yang Anda lamar, Anda cari tahu terlebih dahulu mengenai info kisaran gaji karyawan di bidang yang Anda lamar tersebut. Agar Anda bisa memberikan kisaran gaji yang Anda inginkan.

8. Apakah Anda dapat bekerja sama secara tim ?

Jawab: Ya. Saya dapat bekerja dalam tim. Teamwork yang solid sangat penting dalam mencapai tujuan perusahaan.

9. Jika Anda diterima, berapa lama Anda akan bekerja di perusahaan ini ?

Jawab: Saya ingin meniti karir dan kesuksesan jangka panjang di perusahaan

10. Apa prinsip Anda dalam pekerjaan ?

Jawab: Saya memilih pekerjaan yang halal dan saya bekerja keras sebaik mungkin untuk meraih kesuksesan

11. Mengapa perusahaan ini harus menerima Anda ?

Jawab: Saya memiliki kriteria dan berbagai keunggulan yang sangat dibutuhkan perusahaan. Yaitu….....(katakan Anda memiliki kriteria di bidang yang Anda lamar, Misalnya Anda melamar di bagian Administrasi, katakan Anda bisa mengetik dengan cepat, dll)

12. Apa kelebihan Anda ?

Jawab: Jawablah kelebihan-kelebihan Anda secara jujur, percaya diri namun tetap santun. Misalkan kelebihan kepemimpinan, kelebihan tanggungjawab, kelebihan pemecahan masalah, kelebihan bekerja dalam tekanan. Dan sebagainya

13. Apa kelemahan Anda ?

Jawab: Jawablah kelemahan Anda dengan jujur dan Anda jelaskan juga bahwa Anda akan berusaha untuk belajar lebih giat lagi untuk memperbaiki kelemahan Anda demi kemajuan perusahaan

14. Apa pekerjaan impian Anda ?

Jawab: Jawablah dengan jujur apa pekerjaan impian Anda, oleh sebab itu sebelum Anda melamar pekerjaan tadi, kami sarankan untuk tidak asal-asalan dalam melamar bidang pekerjaan. Pastikan bahwa Anda memang menyukai bidang pekerjaan yang Anda lamar. Sehingga Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan mengatakan bahwa Anda mengimpikan untuk bekerja di bidang ini (bidang yang Anda lamar)

15. Mengapa Anda berpikir Anda bisa bekerja dengan baik di perusahaan ini ?

Jawab: Saya sangat suka dan tertarik dengan pekerjaan ini. Saya memiliki skill yang sesuai di bidang ini. Kalau Anda memiliki pengalaman kerja, maka katakan bahwa Anda memiliki pengalaman bekerja di bidang ini.


16. Ceritakan masalah yang Anda hadapi dengan bos Anda yang dulu.

Jawab: Jangan menjelekkan bos atau rekan kerja Anda yang dulu. Berfikir, bertindak dan berkatalah yang positif.

17. Apa yang membuat Anda kecewa dengan perusahaan yang dulu ?

Jawab: Jawablah dengan santun. Misalkan: saya ingin mencari tantangan dan peluang yang lebih besar lagi. Di perusahaan lama saya kurang mendapatkan tantangan.

18. Apakah Anda mampu bekerja dibawah tekanan ?

Jawab: Ya. Saya mampu bekerja dibawah tekanan. Jika Anda memiliki pengalaman kerja, maka ceritakan pula pengalaman Anda bekerja dibawah tekanan, dikejar deadline, dan semacamnya.

19. Apa motivasi Anda untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin?

Jawab: Prestasi, Tantangan, Penghargaan dll

20. Apakah Anda bersedia ditempatkan di lokasi luar pulau yang terpencil ?

Jawab: Jawablah sesuai dengan kesanggupan Anda.

21. Apakah Anda bersedia menempatkan kepentingan perusahaan diatas kepentingan Anda sendiri ?

Jawab: Ya.

22. Bagaimana Anda menanggapi kritikan ?

Jawab: Kritikan adalah masukan yang sangat penting bagi kita supaya kita dapat meningkatkan kualitas diri kita serta memperbaiki kesalahan yang kita buat

23. Kapan Anda bisa bergabung dengan perusahaan?

Jawab: Apabila saya dinyatakan lulus, maka saya akan segera bergabung dengan perusahaan secepatnya.

24. Apakah Anda punya pertanyaan untuk kami ?

Jawab: Berikan pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaan. Bukan masalah pribadi atau masalah yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

Sebelum, meninggalkan ruangan jabatlah tangan HRD, dan ucapkan terima kasih atas undangan wawancara kerjanya. Tanyakan kapan keputusan hasil wawancara akan diberikan, jika pihak HRD sama sekali tidak memberikan informasinya.

Semoga bermanfaat.

@ikhsan

Tips lainnya : Beginilah Ciri-ciri Surat Undangan Interview HOAX