Widget HTML #1

5 Tips Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email yang Benar


Bukajobs - Dengan adanya perkembangan pesat dari teknologi pada saat ini membuat semua hal dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, Hal ini juga dimanfaatkan oleh Perusahaan dalam merekrut karyawan baru.
Kini sudah banyak perusahaan yang menerima surat lamaran kerja para calon karyawannya melalui email, Namun masih ada juga perusahaan yang mengharuskan para calon karyawannya mengirim surat lamaran kerja secara langsung.
Meski demikian, masih ada saja beberapa para pencari kerja yang belum mengetahui cara mengirim lamaran lewat email dengan benar, sehingga tidak ada balasan ataupun respon dari perusahaan yang dilamar. Kamu salah satunya?
Oleh karena itu, alangkah baiknya teman-teman mengetahui hal hal yang penting didalam mengirim surat lamaran kerja lewat email.
Tips cara melamar kerja Via email saat ini sangat effisien mengingat kecanggihan teknologi yang sangat pesat, sangat disayangkan jika tak dimanfaatkan
Selain menghemat dari segi waktu juga menghemat dari segi biaya pembuatan surat lamaran dimana kita harus mengeprint hingga membeli amplop yang biayanya tidak sedikit.
berikut tips mengirim lamaran via email yang baik dan benar.
Tips Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email
Ada beberapa hal yang hari dipersiapkan sebelum mengirim lamaran Via email:
  1. Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar dengan bahasa yang formal
  2. CV yang baik dan menarik
  3. Scan Ijazah
  4. Scan Daftar Nilai
  5. Scan KTP
  6. Pas Photo Sesuai dengan yang diperlukan Perusahaan
  7. Scan Sertifikat yang diminta oleh perusahaan seperti (Toelf, ISO, dan lain sebagainya)
  8. Pastikan File Lampiran Tidak terlalu besar
  9. Pastikan tidak mengedit/merubah file asli.
Tips mengirim lamaran kerja lewat email ini 90% akan berhasil Apabila teman teman sudah mengikuti langkah demi langkah yang ada di artikel ini, Kemungkinan besar lamaran kerja kamu akan diterima dengan baik oleh perusahan, berikut cara mengirim lamaran lewat email.
5 Tips Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email Dengan Benar

Hal yang harus kamu siapkan dalam mengirim lamaran kerja lewat email
1. Persiapkanlah Seluruh Dokumen Persyaratan Yang Diminta
Pastikan agar dokumen yang diperlukan oleh perusahaan kamu persiapkan dengan benar susuai dengan apa yang perusahaan butuhkan seperti,Scan Sertifikat Toelf, Scan Sertifikat Pelatihan, Scan KTP, Scan Ijazah dan Transkrip Nilai, CV dan lain sebagainya
Agar cara mengirim lamaran lewat email berhasil diterima oleh HRD, Pastikan semua berkas sudah discan, usahakan agar ukuran file tidak besar dan pastikan format file sesuai dengan apa yang butuhkan perusahaan, seperti “.doc” , “.pdf” , atau “.jpeg”
2. Email Menggunakan Nama Lengkap
Untuk Teman-teman yang masih mengguankan nama aslias atau dengan tambahan kata-kata yang tidak sesusai, sebaiknya mulai dari sekarang kamu merubah email kamu. Misalnya aninda_manies99@gmail.com ubah menjadi anindasyahputri@gmail.com
Untuk email teman-teman bisa menggunakan Gmail dan Yahoo, Cara mengirim lamaran via email lebih baik menggunakan gmail. Namum kedua email ini sangat banyak digunakan untuk melamar kerja.
3. Pastikan Juga Pengiriman Dengan Email Sesuai Standar
Ada beberapa standar dalam pengiriman surat lamaran kerja lewat email, diantaranya Email yang dituju/penerima, CC, Subjek, Body atau Isi Email dan Lampiran dengan benar
Alangkah baiknya saat teman teman mengirim lamaran kerja lewat email dijam kerja yaitu diantara jam 9.00 – 12.00 atau 13.00 – 16.00, dan tentunya pastikan kamu mengirim pada waktu lowongan kerja masih ada. ini bertujuan menunjukan kamu pribadi yang profesional.

Cara Melamar Kerja Lewat Email Dengan Benar

Kamu bisa menggunakan Smartphone dan juga Laptop/PC untuk mengirim lamaran lewat email, sebelum itu pastikan bahwa kamu sudah menyiapkan file yang diperlukan oleh perusahaan.
Berikut Langkah-langkah Cara Mengirim Lamaran Lewat Email :
1. Isi dan Pastikan Alamat Email Perusahan Sudah Benar
Pastikan teman-teman double check untuk alamat email perusahan, jangan sampai salah 1 huruf/angkat penulisan email perusahan, karena bisa menyebabkan surat lamaran tidak terkirim ke email perusahaan.

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email Pasti Berhasil 2019

 2. Isi dan Pastikan Subjek Email Sudah Benar
 Banyak lowongan kerja yang mengharuskan untuk mencantumkan posisi yang dilamar didalam subjek email.
Hal ini berguna untuk memudahkan perusahan untuk mengetahui email yang masuk adalah email lamaran kerja dari para pelamar kerja
Contoh Subjek Email seperti berikut:

Contohnya untuk Posisi Customer Service Representative
Teman-teman bisa mencantumkan CSR – Andinda Dwi Yati di Subjek Email
Namum contoh ini tidak bisa menjadi patokan, karena ada beberapa perusahan menginginkan subjek yang berbeda dari yang biasa, Teman-teman harus lebih teliti dalam melihat Subjek Email yang ada di lowongan kerja.
3. Tulis Lamaran Kerja di body Email
Tulis Surat Lamaran kerja kamu di body email dengan lengkap dan singkat, jangan terlalu bertele-tele dalam menulis lamaran kerja.
cara mengirim lamaran lewat email
Teman-teman bisa menulis surat lamran kerja dalam bentuk file .DOC kemudian masukan kedalam lampiran, dan juga bisa menulis surat lamaran kerja langsung di body email
Saya sangat menyarankan untuk menuliskan surat lamaran kerja di body/badan email, hal ini bertujuan agar HRD bisa langsung membaca surat lamaran kerja yang kita kirim, dari pada harus mendowload dulu file surat lamaran kerja dalam bentuk doc.
4. Pastikan Melampirkan Semua Persyaratan Yang Diminta Perusahaan
Pastikan teman-teman melampirkan semua file yang sudah discan baik itu KTP, Ijazah, Transkrip Nilai, dan lain Sebagainya sesuai dengan persyaratan yang diperlukan oleh perusahaan,
Usahakan agar file lampiran tidak lebih dari 2 MB, Perlu diperhatikan  dalam melampirkan file teman-teman harus lebih teliti, karena setiap lowongan kerja berbeda-beda dalam melampirkan file.
Ada beberapa perusahan yang menharuskan agar semua file dijadikan dalam 1 file PDF, dan ada juga perusahaan yang meminta agar file digabung jadi 1 dalam bentuk .RAR/.ZIP, jadi disini teman-teman harus lebih teliti lagi ya. Ikuti apa yang diharuskan oleh perusahaan.
cara mengirim lamaran lewat email
Selanjutnya pilih file yang susuai dengan yang dibutuhkan perusahaan, Kemudian klik open.
5. Cek Kembali Tujuan, Isi dan Lampiran Email
Setelah semua sudah di isi baik itu alamat email perusahaan, subjek, Isi dan Lampiran, teman-teman harus memeriksa kembali semuanya, periksa apakah surat lamaran sudah sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Dan yang paling penting adalah periksa apakah alamat email perusahaan sudah benar dan tidak salah, karna kalau salah surat lamaran tidak akan terkirim.

6. Berdoa dan Kirim Surat Lamaran
Setelah semuanya telah lengkap sesuai dengan persyaran yang dibutuhkan perusahaan, Barulah kirim surat lamaran kerja lewat email.
cara mengirim lamaran lewat email
Jangan lupa berdoa supaya surat lamaran ada dibaca oleh HRD perusahaan dan lamaran teman-teman sesusai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan
dan hasilnya

cara mengirim lamaran lewat email

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Surat lamaran kerja via email sama seperti surat lamaran kerja pada umumnya yang membedakan ialah surat lamaran dikirim melalui Email.
Berikut contoh surat lamaran kerja via Email yang bisa kamu gunakan agar kamu bisa diterima kerja di perusahan.
Hal            : Lamaran Pekerjaan
Lampiran  : 8 Lembar
KepadaYth.
Bapak/Ibu HRDLion Air Groupdi Tempat.
Dengan Hormat,
Berdasakan informasi yang saya baca dari media sosial instagram Recruitment Lion Air Group pada tanggal 20 Februari 2019. Melalui email ini saya bermaksud mengajukan lamaran untuk berkerja di  Lion Air Group sebagai Staff Ground Operation dan Cargo Operation (GOS).
Berikut ini data singkat diri saya :
Nama                           : Andi Syahputra
Tempat & Tgl.Lahir    :Karang Rejo, 20 Januari 1996
Pendidikan akhir         : Diploma III –  Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik                                                Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan,  Lulus dengan I.P.K 3.42
Alamat                         : Jl. Pendawa Dusun Cikal Bakal Desa Karang Rejo Kec. Stabat                                             Kab. Langkat
HP                                : 085210596447
Email                           : AndiSyahputra@gmail.com

Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik, berpenampilan menarik, mampu membangun komuniasi dengan baik dan mampu berkerja secara personal maupun tim. Saya mampu berbahasa inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Dengan pengalaman kerja didunia telkologi selama 2 tahun saya mampu berkerja menggunakan aplikasi komputer seperti Program SAP, Microsof Visio, Microsoft Access, Microsoft Excel, Photoshop, Saya juga Memahami beberapa bidang IT seperti HTML, Blogger, WordPress dengan Hosting, Memiliki Pengalaman di Bidang SEO ( Search Engine Optimization ) & SEM ( Search Engine Marketing ), Internet Marketing dan dapat mengetik dengan cepat. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1.      Pas Photo Berwarna
2.      Daftar Riwayat Hidup ( CV / Resume ).
3.      Scan KTP.
4.      Scan Ijazah.
5.      Scan Transkrip Nilai.
6.      Scan Sertifikat Pendukung
7.      Scan Sertifikat Tolef
Demikian surat pemohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya sangat berharap Bapak/Ibu bersedia untuk memberikan kesempatan tes dan wawancara kepada saya, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci tentang potensi yang saya miliki. Atas perhatian Ibu saya ucapkan terimakasih.
Hormat Saya,
t.t.d
Andi Syahputra, A.Md
Tetapi pada saat itu saya tidak sempat datang mengikuti tes selanjutnya karna saya lagi di medan sedangkan ujiannya dilakukan di tanggerang.
Demikian lah cara mengirim lamaran lewat email. Ada baiknya teman-teman harus menggunakan bahasa indonesia yang baik, benar dan formal dalam mengirim surat lamaran kerja lewat email.
Semoga artikel yang kami tulis ini dapat bermanfaat bagi teman teman yang sedang mencari kerja, dan semoga teman-teman bisa cepat mendapat pekerjaan yang teman-teman harapkan. Aamiin..
Source : Bukajobs Team & Nomis.id